Minggu, 09 November 2008

Agama Versus Sains??Gx lagi deh

Aku inget, pas aku masih kecil, dengan polosnya aku nanya ke mamaku, "Mi, Ronny ini kuar dari mana?" (waktu itu karena masih cedal, aku gak isa nyebut namaku dengan bener… Jadi kesebutnya "ony", dan kebawa sampe sekarang). Mami yang waktu itu lagi njait, dengan pendek menjawab "dari perut". Pandanganku langsung ke perutnya mami… Ha? Masak iya? Tapi aku gak neruskan nanya lagi. Cuman pertanyaan itu aku simpen terus.

The next 12-15 years after I asked that question, I finally know exactly the answer of that my long oldie question, "Where I came from". Biology answers perfectly that question. Manusia itu terjadi karena pertemuan antara sperma dan sel telur. Sperma dari seorang lelaki dapat masuk dan membuahi sel telur yang dihasilkan oleh seorang wanita lewat suatu kegiatan yang disebut dengan coitus… lalu… i guess you know the rest story… =D

Puas? Nggak, aku malah jadi punya pertanyaan lebih banyak lagi. Dari mana alam semesta berasal? kalo manusia terjadi karena pertemuan sel sperma dan sel telur, siapa yang punya sel2 tersebut untuk pertama kalinya (dan mempertemukannya sehingga jadi manusia) - mirip-mirip ma tebakan dulu mana telor apa ayam-, bagaimana bisa sampe manusia sebanyak ini?

Pertanyaannya kejawab di pelajaran agama pas sma. Gurunya bilang kalo alam semesta diciptakan Allah. Aku udah tau itu sejak aku masih kecil! Tapi itu kan cerita buat anak kecil, aku perlu jawaban yang lebih dari itu! (ni dia ciri khas teenager, keras kepala, pengen tau segala, pengen nyoba macem2). Jadi kalo kamu teenager, dan punya pikiran kayak gitu, wajar! Aku juga.

Sains menjawab asal usul manusia lewat teori evolusi Charles Darwin. Sains menjelaskan asal usul alam semesta lewat Stephen Hawkings. Aku jadi seneng ma sains yang bisa menjawab lebih jelas ketimbang Alkitab. Dan yang bikin gawat, ternyata sains itu bertentangan ma Alkitab…! Lalu mana yang bener dong? Teori evolusinya Charles Darwin ato penciptaan manusia di Kejadian? Big Bang Theory-nya Stephen Hawking (yang menjelaskan asal usul alam semesta lewat titik singularitas-nya) ato penciptaan alam semesta di Kitab Kejadian? Waktu itu aku memantapkan diri pada sains! (dan aku yakin jutaan manusia di luar sana mempunyai jalan pikiran kayak aku waktu itu, lebih percaya sains ketimbang Alkitab). Kamu sendiri menganut yang mana? Sains ato Alkitab? Saintis atau Allah? Kalo kamu percaya pada teori Darwin (bahwa manusia adalah produk evolusi jutaan tahun), berarti kamu gak percaya bahwa manusia pertama adalah Adam dan Hawa yang merupakan ciptaan Allah (Darwin mengatakan bahwa manusia adalah produk seleksi alam yang terbentuk jutaan tahun yang lalu), sedangkan sejarah Alkitab menuliskan bahwa manusia pertama Adam dan Hawa jika ditelusuri, tidak lebih dari sepuluh ribu tahun yang lalu (correct me if i’m wrong). So, nurut kamu mana yang bener? Teori Darwin yang lengkap dengan bukti-bukti fosil dinosaurus yang berusia jutaan tahun, ato Alkitab -yang gak ada "bukti"nya selain pake iman? (Ato, jangan-jangan kamu menyimpulkan: dinosaurus ada duluan sebelum Allah… Dhueeenk! Tobat euy!)

I’ll tell u, sekarang aku tau bahwa Allah yang menciptakan alam semesta ini, DIA include menciptakan sains di dalamnya (sains yang dikemukakan Charles Darwin, sains yang ditemukan Stephen Hawking, dan sains-sains lain, itu semua karya Allah!). Sains itu tidak pernah melanggar hukum Allah, tidak pernah melanggar firman Allah yang ada di Alkitab (kecuali manusia yang mempersepsikan dan menyimpulkan begitu). Jadi kayaknya naif buanget, kalo kita menemukan suatu sains dan langsung mengatakan bahwa apa yang ada di Alkitab itu salah (karena Alkitab tidak sesuai dengan sains yang bisa dibuktikan).

Aku isa ngasih gambaran gini, misalnya ada seekor semut yang pengen tau bentuk manusia, lalu dia naek sampe ke kuku jempolnya manusia. Karena merasa sudah berkeliaran di sekitar kuku jempol manusia, akhirnya semut menyimpulkan bahwa manusia itu berbentuk datar, keras dan sedikit item (karena kukunya rada item2)! Si semut tadi menolak konsep bahwa manusia itu punya kepala, tangan, kaki, dst… Yang dia tau, bahwa manusia itu ya kuku. Kasian banget kan?

Sama kayak manusia yang baru nemukan secuil sains yang langsung menyimpulkan bahwa Alkitab (yang merupakan Firman Tuhan sendiri) itu salah dan yang paling bener adalah sains. Cuciaaan deh loe!

Homepg_evolution Sampe sekarang aku tetep percaya evolusinya Darwin (kecuali di bagian bahwa manusia berasal dari kera, itu kesalahan persepsi dari orang awam yang baca buku "The Origin of Species"-nya Darwin. Di situ Darwin gak pernah menyimpulkan bahwa manusia berasal dari kera… Ia menjelaskan bahwa evolusi manusia (yang saat ini berjalan dengan tegak), itu bukan tiba-tiba tegak, tapi lewat proses evolusi ribuan tahun, karena menurut fosil-fosil yang ditemukan, terlihat jelas proses bagaimana proses evolusi hingga manusia yang berdiri dengan tegak seperti saat ini). So, kalo ada yang nanya ke aku, "apa aku percaya teorinya Darwin?", aku akan bilang "Yup! Aku percaya bahwa manusia adalah produk evolusi ribuan tahun, bahkan puluhan ribu tahun! Aku percaya sepenuhnya dengan teori evolusi" Loh kok? Jadi apa aku gak percaya bahwa manusia pertama adalah Adam dan Hawa?

Nah, itu dia! Apa karena aku percaya teori evolusi-nya Darwin, terus aku jadi gak percaya bahwa manusia pertama adalah Adam dan Hawa? Aku percaya 1000% pada Alkitab yang nulis bahwa manusia pertama yang diciptakan Allah adalah Adam dan Hawa.

Jadi kesimpulannya Adam dan Hawa itu manusia prasejarah yang masih mirip-mirip kera gitu? Nyari-nyari makanan dengan cara berburu hewan (ato kadang diburu2 hewan)…? Lucu kan? Kebayang gak sih, Adam berada di sebuah goa, lalu dia bilang ke Hawa, "Hawa, istriku, aku mau berburu rusa dulu, pisau potong-nya kamu asah dulu ya. Apinya siapkan, jangan lupa menyusui Kain dan Habel, nanti kalo dia nangis, bisa-bisa mengundang macan ke sini, terus kalian dimakan, aku kan jadi duda…". Lalu Adam dengan pakaian kulit macan dan pentungan batu segera keluar dari goa itu dan berburu di sekitar taman Eden… Waaahhhh… Itu mah gak pernah ada di Alkitab (ada juga di film California Man) Jadi gimana dunk? Mana yang bener? Adam dan Hawa itu beneran ada ato gak? Adam dan Hawa itu manusia pertama bukan? Kalo manusia pertama, kok bisa jadi tambah banyak gini? Kan asalnya cuman dua biji doang? Kok isa buanyaaakk gini? Bingung kan?

Proses evolusi itu adalah salah satu karya Allah. Perhatikan betapa rinci-nya Alkitab menuliskan:
Kejadian 1:24 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan jadilah demikian.

Ketika Allah berfirman seperti itu, mulailah proses evolusi. Alkitab gak menuliskan bahwa ini terjadi begitu saja kan? Aku percaya, inilah masa-masa yang berhasil di-teori-kan oleh Charles Darwin, masa evolusi. Kata "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup…" bukanlah sekejap mata dari dalam tanah tiba-tiba muncul harimau, gajah, anjing, kucing, bebek dan hewan-hewan lainnya. Itu semua proses… Lalu Darwin nulis proses itu sebagai evolusi (kita mesti thanks to Darwin yang bisa menjelaskan bagaimana proses "bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup").

Apakah sudah ada manusia waktu itu? Ada tidaknya tergantung pada definisi apa itu "manusia"? Kalau menurut kamu manusia adalah makhluk dengan bentuk yang seperti sekarang ini, ya jelas masih belum ada. (Alkitab masih BELUM menuliskan adanya "manusia"). Kalo "manusia pra-sejarah" kemungkinan sudah ada, yang kemudian fosil-fosilnya ditemukan dan selanjutnya menelorkan teori evolusi Darwin. Tapi itu bukan "manusia" yang sebenarnya… "manusia" yang sebenarnya blom nongol. Jadi kapan manusia beneran-nya muncul? Alkitab menjawabnya di ayat 27.

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
dan di Kej 2:7 "ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup."

Wow! Luar biasa. Inilah manusia yang sebenarnya! Yang serupa dengan gambar Allah dan diberi nafas hidup oleh Allah (aku percaya bahwa "nafas hidup" yang dimaksud adalah Roh Allah, tidak ada makhluk hidup sebelumnya yang diberi nafas hidup/Roh Allah oleh Allah). Kalo ayatnya dibaca emang kliatannya pendek. Tapi itu sama sekali gak menggambarkan waktunya. Perhatikan kata "ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya;", please deh, kalian jangan bayangkan bahwa proses penciptaan itu hanya 1 menit selesai (kilat, kayak cuci cetak foto). Bayangkan aja, kalo nabi Musa (yang nulis Kitab Kejadian), disuruh Allah menuliskan proses yang sebenernya (mulai bagaimana terjadinya alam semesta, planet-planet, tata surya, bagaimana bumi berotasi dan berevolusi, terus proses evolusi yang berjalan selama jutaan tahun, sejarah dinosaurus sampai kepunahannya), pasti umat Israel pada saat itu, pada bilang Musa itu tukang ngibul (karena pikiran mereka gak nyampe pada ilmu-ilmu fisika yang kita kenal sekarang). Jadi Allah memberikan hikmat pada Musa untuk menuliskan apa yang bisa diterima umat Israel waktu itu (tapi juga gak melanggar prinsip sains yang sebenarnya).

Kembali ke Adam tadi, jadi ketika Adam dan Hawa "diciptakan" oleh Allah, kenyataanya memang sudah ada "manusia-manusia" lain (tapi mereka gak diberi "nafas hidup" oleh Allah). Cuman Adam dan Hawa saja yang diciptakan sebagai manusia yang serupa dengan Allah, sedangkan makhluk hidup lain, mungkin serupa dengan manusia (yang kemudian ditemukan fosilnya sebagai manusia pra-sejarah), tapi itu bukan "manusia yang sebenarnya" (yang serupa dengan Allah dan diberi "nafas hidup"). Apa bedanya? Jelas beda dong, manusia yang diberi nafas hidup oleh Allah (Adam dan Hawa), dapat berkomunikasi dengan Allah sendiri, dapat mengerti baik dan buruk (dan lebih gawat lagi, mereka ternyata dapat jatuh dalam dosa!) Tapi, yang pasti, Adam dan Hawa adalah manusia pertama yang diciptakan Allah serupa dengan gambarNya. Dan aku (termasuk kamu juga) adalah manusia yang sebenernya! Karena kita tercipta dengan Roh Allah ada di dalam kita… Pede amat? Jelas dunk, Yohanes 7:39 "Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya;…"

Kamu percaya kepada-Nya kan? Percaya Kepada Tuhan, yaitu Mr. JC yang udah mati di kayu salib untuk tebus dosa kita… Kalo kamu percaya, berarti kamu adalah manusia yang punya "Roh Allah" di dalam tubuhmu. Mau bukti lagi? I Korintus 6:17 "Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.", dan satu lagi: Lukas 11:13b "…Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Nah, keren kan? Sekarang percaya kan kalo Kita ini bener-bener ciptaan Allah? Bukan "manusia bodoh" (kayak lagunya Ada Band). Bukan sekedar produk dari evolusi manusia.

So, Alkitab ato Sains? Kalo aku keduanya! Aku percaya kelak sains akan berhasil menjelaskan semua kebenaran yang ada di Alkitab, bukan malah menentangnya. It just a matter of time.

NB. Blog ini pasti mengundang kontroversi, it’s ok. You can give your comments and critic as well.

Tidak ada komentar: