Minggu, 09 November 2008

Jurus PDKT dan di-PDKT-i

[Cowok only... Strictly restricted for cewek!]

Pernah naksir cewek kan? Nggak usah malu-malu deh, itu normal kok. Biasanya para cowok kalo udah naksir cewek, sukanya pake jurus jaim (jaga image) di depan cewek yang ditaksir. Yang biasanya rambutnya acak-acakan jadi rapi (dari gel, hair cream, minyak rambut sampe minyak goreng dipake semua), yang biasanya gak pernah pake pengharum jadi make segala jenis pengharum (dari cologne, lotion, parfum, sampe pengharum ruangan!), yang biasanya baju seragamnya gak pernah dirapikan sekarang jadi super rapi dan licin (ato malah kebalikannya, baju seragamnya dikeluarkan, kancing atasnya sengaja nggak dikancing biar “seksi” katanya). Kalo mau nulis daftar jaim para cowok, bisa-bisa menghabiskan seluruh space di blog ini.

Dipikir-pikir, alasan menjadi jaim itu rasional juga kok. Masalahnya, kalo jadi cowok biasa-biasa, gak akan dapet perhatian dari cewek yang ditaksir. Jadi, jurus jaim harus dikeluarkan biar bisa mendapat perhatian. Gawatnya, kalo ngeluarkan jurus jaim yang salah, bisa-bisa cewek yang ditaksir tambah “eneg” (tau “eneg”? “eneg” itu biasa terjadi kalo kamu minum susu terlalu banyak, ato kalo lagi mabuk perjalanan sampe pengen muntah itu namanya “eneg”, bahasa kasarnya: muak). Jadi para cowok yang lagi naksir cewek dan pdkt, mesti ngeluarkan jurus jaim yang pas biar ceweknya nggak sampe “eneg”, sukur-sukur kalo ceweknya akhirnya tertarik.

Jurus #1: Dilarang keras ASAL TEMBAK!

Harus pake proses jack…! Kita sekarang kan lagi menggiatkan kurikulum KBK yang lebih mementingkan proses daripada hasil. Jadi, pdkt-pun harus ada prosesnya, jangan asal tembak. Jangan hanya gara-gara wajahnya yang cakep, ato bodynya yang seksi, ato rambutnya yang tebel, kriwel-kriwel (kayak pudel – ups, ada yang merasa?) langsung kamu nembak dia, “aku cinta kamu, kamu mau jadi pacarku nggak?”. Wah, salah besar guys! Kamu boleh aja tertarik ma fisik, tapi jangan jadikan itu satu-satunya alasan kamu naksir dia. Soalnya fisik itu paling gampang berubah dan dirubah. Justru yang nggak akan berubah itu pembawaan, kepribadian ato sifat (dan nanti kalo pacaran, sifat dari masing-masing individu yang paling memegang peranan langgeng ato nggaknya pacaran, bukan fisiknya). Mengenal kepribadian dan sifat cewek yang ditaksir dengan baik ini yang mesti jadi proses pertama dan utama dalam pdkt. Caranya buat tau kepribadian dan sifat dia itu gampang, kamu mesti sering ngobrol (lewat sms, telepon ato ke rumahnya), sering jalan bareng, ke greja bareng, blajar bareng, bikin pe-er bareng, nyontek bareng (eh jangan sampe ding!) maka kamu akan bisa ngerti sifat dan kepribadian dia. Tinggal dicek dan ricek deh, cocok nggak sifat dan kepribadian dia itu ma kamu. Jangan keburu-buru nembak, Jack!

Jurus #2: Dilarang keras MENGUMBAR JANJI!

Udah cocok ma sifat-sifatnya? Jurus kedua dalam pdkt-nya adalah dilarang mengumbar janji! Mentang-mentang ngerasa udah cocok, biasanya para cowok langsung menebar gombal di hadapan para cewek. Dari rayuan pulau kelapa sampe gombal-gombal dalam bentuk sms terkirim dengan deras. Ini adalah contoh kategori sms gombal yang sebaiknya tidak digunakan: “say, aku akan cinta padamu sampe maut memisahkan kita”, ato “percayalah non, gak ada ce laen yg bs memisahkan cintaku padamu”, ato “honey, aku ternyata gak bs hidup tanpamu, pls, jgn tinggalkan aku yah”. Ya, ampun… basi banget gitu loh! Masalahnya, seandainya ternyata kamu akhirnya pacaran ma cewek laen (gak sama cewek yang kamu kirimi sms-sms gombal itu), apa nggak maluuu kamu? Apalagi kalo sms-nya masih disimpen di hape cewek yang kamu gombali itu, terus di-forward-kan ke pacar kamu yang sekarang… Wiiihhh… mo ditaroh mana muka dan pantatmu…?

Jurus #3: Dilarang keras menganut Jaim-isme aliran hitam!

Jaim bisa bikin kamu kliatan tambah keren (dan cewek yang kamu taksir jadi merhatikan kamu) ato malah meng-anjlok-kan pasaran kamu sendiri (gara-gara menganut jaim-isme aliran hitam). Maksutnya, kalo kamu pengen dapet perhatian (yang positif) dari cewek yang lagi kamu pdkt-i, kamu harus mulai belajar jadi cowok yang gentle (jaim-isme aliran putih). Sekali-kali jangan menjalankan jurus jaim-isme aliran hitam (seperti berpakaian dengan norak, pake motor yang knalpotnya menyemburkan gas beracun putih dengan bunyi yang meraung-raung, melecehkan dia di depan temen-temen, ato merokok bak kereta api di depannya). Pake aja jurus jaim-isme aliran putih, misalnya kalo kamu jago komputer (dan biasanya jarang para cewek jago komputer), kamu isa nawarin dia buat ngerjakan tugas ato blajar bareng-bareng (nanti aku isa ngasih kalian tugas yang banyak deh, demi melancarkan pdkt-mu), ato kalo pas dia nunggui ekstra, kamu isa nawarin dia makan bareng, ato ngajak dia ma temen-temen laen untuk nge-net di perpustakaan buat nyari tambahan materi pelajaran yang susah (lalu kalian bisa berdiskusi biar lebih ngerti materi itu), ato barengan ke kapel ato ke greja. Kalo kamu menjalankan strategi jaim-isme aliran putih ini, jelas banget, para cowok yang menjalankan strategi jaim-isme aliran hitam ke dia, pasti gak akan dapet respon sebaik kamu. Dijamin!

Kalo kamu udah njalankan tiga jurus ini, go ahead deh pdkt-nya. Gak lama lagi, dia pasti nunjukkan respon-respon yang positif. Selamat berjuang, pejuang!

[Cewek only... Strictly restricted for cowok!]

Pernah di-pdkt-i cowok nggak? Di-pdkt-i cowok itu bisa nyebelin, terutama kalo cowoknya suka nggombal dan menganut jaim-isme aliran hitam (jaim dengan cara-cara yang norak dan sok-sokan). Tapi kalo cowoknya itu keren kayaknya di-pdkt-i bakalan asyik! Bener nggak?

Tunggu dulu! Jangan mentang-mentang cowok yang lagi pdkt ke kamu itu jago basket ato punya suara kayak Mike-nya Indonesian Idol, kamu langsung ho-oh ketika dia nembak kamu… Emangnya nanti kalo pas pacaran kamu akan nyuruh dia jumpshoot dan mendribble bola terus (gara-gara kamu tertarik dengan kepinterannya maen basket), ato nyuruh dia nyanyi terus (gara-gara kamu suka ma suaranya)? Nggak kan? Terus gimana? Pake jurus yang pas biar gak termakan dan terbuai ma jurus jaim para cowok!

Jurus #1: Dilarang keras ASAL NERIMA!

Gara-gara sudah 16 tahun kamu menjomblo (alias masih blom pernah ada yang nembak), begitu ada cowok yang nembak, langsung aja kamu terima! Gak perduli cowoknya itu nakal, kampungan, berandalan, gak sopan, asal cowok aja kamu langsung terima dia jadi pacarmu. [Gubrakkk...!] Kamu mesti cek dan ricek sifat-sifat dia dulu. Gimana tindakan dia kalo lagi marah, dia isa ngatur dirinya sendiri gak, perhatikan kata-katanya kalo lagi sms ato nelepon kayak apa (kalo dia udah ngelancarkan rayuan pulau kelapa yang mengarah ke “mesum-mesum”, kamu mesti ekstra hati-hati, jangan-jangan dia cuman tertarik ma fisik kamu doang! Kalo tertarik ma fisik kamu doang, pasti nanti pas pacaran kamu cuman jadi “objek kepuasan” dia, wiiih, ngeri kan?). Kadang aku heran juga, kalo ada cewek yang nerima setiap cowok yang nembak dia (alasannya simple, nunjukkan kalo dia “laku” keras!). Lalu dengan bangga bilang, “Pak, aku udah pacaran 9 kali loh!”. Dalam hati aku mikir, “Sepeda motor yang second hand aja langsung jatoh pasarannya, ini udah tangan ke-9, bangga lagi! Kalo sampe 9 kali pacaran kan udah termasuk kategori ‘bekas’ buanget…?”. Jangan asal nerima cowok, mesti cek dan ricek kepribadian dia, sepadan nggak sama kamu, isa nyambung nggak… ini biar nggak sampe putus di tengah jalan (dan kamu jadi second hand, third hand, fourth hand dan seterusnya. Kualitas pacaran itu nggak tergantung seberapa seringnya kamu pacaran kok, tapi tergantung dari cara kalian berdua menghadapi dan memecahkan masalah bareng-bareng).

Jurus #2: Bilang apa adanya!

Kalo kamu nggak suka dengan cara dia pdkt ke kamu, bilang aja. Apalagi kalo dia menganut jaim-isme aliran hitam pekat yang sampe mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara kamu. Nggak perduli waktu, ngajakin kamu sms-an teruuuuss (kalo nggak dibales marah-marah, tapi kalo kamu balesi dianya nggak berenti-berenti sms-nya), ato tiap malem, dini hari misscall-misscall kamu (kasian, dia termasuk kaum fakir misscall yang nggak dipelihara oleh negara), ato terus ngikutin kamu kemana-mana sampe kamu gak punya privasi (kliatan banget kalo dia termasuk kategori cowok ‘gak gaul’ yang gak punya temen, kurang kerjaan sampe ‘ngintil’ terus ma kamu). Kalo kamu udah ngerasa keganggu dengan sikap-sikap dia kayak gitu itu, bilang terus terang. Nggak perlu dikasari. Bilang baek-baek, “aku mo blajar dulu ya, jangan sms lagi”, ato “kamu jangan ngikut aku terus, kamu kan isa ngerjakan yang laen daripada ngikuti aku…”. Kalo dia masih pasang jurus “gak punya malu” alias gak perduli dengan alasan-alasan kamu, ya kamu mesti ngomong dengan tegas ke dia kalo kamu nggak suka dengan cara dia. Jadi tegas itu nggak gampang. Jangan-jangan setelah kamu tegas ma dia, dia nggak pdkt lagi (jadi nggak laku lagi dong?) ato lebih gawat dia jadi marah ke kamu lalu menebarkan gosip kalo kamu sok jual mahal. Don’t worry girls, kalo dia sampe marah (gara-gara kamu tegas ke dia) dan menebar gosip yang nggak-nggak, jelas banget dia itu gak cocok buat kamu (dia sedang meng-anjlok-kan pasaran dia sendiri), dia nggak termasuk dalam kasta elit “cowok gentle”. Sapa coba yang mau pacaran ma cowok penyebar gosip yang tergabung dalam kasta “cowok kampungan” kayak gitu…? Kesian kan dia…?

Jurus #3: Ambil Sikap!

Jadi, kalo kamu udah cocok ma dia, saatnya mengambil sikap. Tunjukkan kalo kamu juga ngerasa cocok ma dia. Kalo bisa sih, para cewek jangan nembak duluan (walopun kamu tau, dia pasti nerima). Para cowok kadang merinding juga kalo ada cewek nekat yang nembak duluan (bisa-bisa cowoknya jadi “eneg”). Kalo dia blom nembak-nembak juga, ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, dia emang masih perlu waktu buat kenal kamu dan bisa jadi dia lagi pdkt ke cewek laen juga, jadi masih nimbang-nimbang gitu (cowok emang dikarunai hak untuk pdkt ke banyak cewek). Kemungkinan kedua, dia emang tipe cowok pemalu yang nggak isa mengungkapkan perasaannya. Kalo dia masih perlu waktu, ya tunggu aja dengan sabar. Tapi kalo dia termasuk cowok pemalu (yang susah mengungkapkan perasaannya di depan cewek), ya kamu harus bisa buat supaya dia mengungkapkan perasaannya, nembak lewat surat ato sms juga udah baik untuk tipe cowok pemalu (jangan paksa dia ngomong “I love you” apalagi maksa dia ngomong di depan temen-temen kamu, waaah, dia pasti shock!). Jadi ambil sikap yang bener deh, gak usah sok-sokan gak suka ma dia kalo emang ngerasa cocok ma dia. Ok?

Nah, silahkan dipraktekkan kalo lagi di-pdkt-i.

Tidak ada komentar: